LIKE

Menggunakan SQL Like 








  • Kode SQL di atas adalah perintah untuk mengambil semua kolom dari tabel "barang" di database, di mana nilai kolom "product_name" dimulai dengan huruf 'b'. Berikut adalah penjelasan lebih rinci:

    1. SELECT * FROM barang: Ini adalah pernyataan untuk mengambil semua kolom ("*") dari tabel "barang".

    2. WHERE product_name LIKE 'b%': Ini adalah klausa WHERE yang memfilter baris-baris yang akan diambil berdasarkan kondisi tertentu. Kondisi di sini adalah bahwa nilai kolom "product_name" harus dimulai dengan huruf 'b'. Operator LIKE digunakan untuk mencocokkan nilai kolom dengan pola tertentu. '%b' berarti nilai kolom harus diakhiri dengan 'b', sedangkan 'b%' berarti nilai kolom harus dimulai dengan 'b'. Dalam hal ini, 'b%' digunakan, yang berarti nilai kolom "product_name" harus dimulai dengan huruf 'b'.

    Jadi, hasil dari perintah SQL ini akan menjadi semua baris dari tabel "barang" di mana nilai kolom "product_name" dimulai dengan huruf 'b'.




  • Kode SQL di atas adalah pernyataan SELECT yang digunakan untuk mengambil data dari tabel "barang" yang memenuhi kondisi tertentu. Mari kita terjemahkan langkah per langkah:

    1. SELECT * FROM barang: Ini adalah bagian utama pernyataan yang mengatakan kepada database untuk mengambil semua kolom (*) dari tabel "barang".

    2. WHERE product_name LIKE '__h%': Ini adalah klausa WHERE yang memberi tahu database untuk memfilter hasil dan hanya mengambil baris yang memenuhi kondisi tertentu. Dalam hal ini, kondisinya adalah bahwa kolom "product_name" harus memenuhi pola tertentu.

      • LIKE: Ini adalah operator yang digunakan untuk mencocokkan nilai kolom dengan pola tertentu.
      • '__h%': Ini adalah pola yang harus dipenuhi oleh nilai kolom "product_name". Di sini, dua karakter pertama (__) dapat menjadi apa saja, karakter ketiga harus 'h', dan karakter berikutnya (%) dapat menjadi apa saja (karakter apa pun, atau bahkan tidak ada).

    Jadi, pernyataan SQL ini akan mengembalikan semua baris dari tabel "barang" di mana nilai kolom "product_name" memiliki panjang sekurang-kurangnya tiga karakter, karakter ketiga adalah 'h', dan karakter-karakter sebelumnya bisa apa saja.



  • Kode SQL di atas adalah perintah untuk mengambil semua data dari tabel bernama "barang" di database, dimana kolom "product_name" memiliki karakter 'o' di dalamnya.

    Mari kita bahas secara lebih rinci:

    1. SELECT * FROM barang: Ini adalah pernyataan SQL dasar yang digunakan untuk mengambil data dari tabel. * digunakan untuk menunjukkan bahwa kita ingin mengambil semua kolom dari tabel "barang".

    2. WHERE product_name LIKE '%o%'; Ini adalah klausa WHERE yang digunakan untuk memfilter baris-baris yang akan dipilih. Kondisi di sini adalah bahwa nilai dalam kolom "product_name" harus mengandung karakter 'o'.

      • %o% adalah pola pencocokan (pattern matching) yang digunakan dengan operator LIKE. % adalah karakter wildcard yang cocok dengan nol atau lebih karakter di posisi tersebut. Jadi, %o% akan cocok dengan nilai kolom "product_name" yang memiliki karakter 'o' di mana saja dalam string.

    Jadi, hasil dari pernyataan ini adalah mengembalikan semua baris dari tabel "barang" di mana nilai kolom "product_name" mengandung karakter 'o'.



  • Kode SQL di atas merupakan perintah untuk mengambil semua kolom dari tabel "barang" di mana nilai kolom "product_name" memenuhi pola tertentu. Mari kita jelaskan lebih rinci:

    1. SELECT * FROM barang: Ini adalah perintah untuk memilih semua kolom (* artinya semua kolom) dari tabel bernama "barang".

    2. WHERE product_name LIKE '%i__' ; Ini adalah klausa WHERE yang memberikan kriteria pemilihan baris dari tabel. Dalam hal ini:

      • product_name LIKE '%i__': Ini adalah kondisi pencocokan string dengan pola. Di sini, kita menggunakan operator LIKE untuk mencocokkan nilai kolom "product_name" dengan pola tertentu.
      • % digunakan sebagai wildcard yang mencocokkan nol atau lebih karakter.
      • i adalah karakter spesifik yang harus muncul.
      • __ menunjukkan dua karakter apa pun.

    Jadi, secara keseluruhan, pernyataan SQL ini memilih semua baris dari tabel "barang" di mana nilai kolom "product_name" memiliki dua karakter yang dapat menjadi apa saja (__), tetapi karakter ketiga harus menjadi huruf "i". Misalnya, ini akan mencocokkan dengan kata-kata seperti "pin", "kit", "sin", dll.






0 Komentar